h1

PANTAI BALEKAMBANG

July 22, 2010


Sore itu sabtu 13 maret 2010, sepulang kerja saya diajak oleh teman-teman saya untuk berwisata ke pantai BALEKAMBANG, tanpa banyak basa-basi saya mengiyakan ajakan mereka, karena kebetulan ini adalah liburan pertama saya dengan sahabat-sahabat sejak saya keluar dari rahim mama saya, mereka adalah Wahyu, Yudi, Heru, Candra dan saya sendiri ste traveler, kita berlima jika ada liburan kemana-mana jarang ada yg komplit seperti sekarang ini.

Perjalanan

dengan naek mobil suzuki carry milik Heru kita berangkat dari Surabaya pukul setengah 7 malam dan sampai pantai Balekambang sekitar pukul 12 malam, sangat lama diperjalan karena kami semua belum pernah ke tempat wisata pantai ini. sering nyasar dan banyak tanya ke orang-orang sekitar. -Untuk mencapai Pantai Balekambang, Anda dapat memilih jalur Malang-Gondanglegi dan kemudian dilanjutkan ke kecamatan Bantur. Dari sini perjalanan dilanjutkan hingga ke desa Srigonco. Anda tidak akan mengalami kesulitan karena di setiap ruas jalan terdapat banyak rambu penunjuk arah menuju tempat ini. Anda juga bisa melalui jalur alternatif Malang-Kepanjen, lurus sampai ke kecamatan Pagak, kemudian berbelok ke kiri ke arah kecamatan Bantur.

Pantai Balekambang

untuk masuk ke tempat wisata Balekambang ini kita dipungut biaya Rp.7000,-/orang. Pantai Balekambang ini cukup menawan. Hal ini didukung pula dengan fasilitas yang memadai, tempat parkir yang luas, camping ground, kios cinderamata, rumah makan, mck, kantor informasi, bungalow sedeharna, kolam renang dan bumi kemah pramuka, mushola dan pendopo.

Tapi sayang waktu saya kesana pantai ini begitu kotor, sampah berserakan dimana-mana. bagaimana pengelolah pantai ini tidak bertanggung jawab atas kebersihan pantai yang indah ini??.

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur ± 65 km, sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang ini landai dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut tampak di atas air dandisela-selanya nampak ikan hias berkerumun serta satwa laut lain yang beraneka ragam. Di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, tempat tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisataman baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro’an) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Sementara di kawasan pantai yang berdekatan dengan Pulau Anoman, terdapat pula hutan konversi. Namun untuk memasuki kawasan ini, pengunjung akan dikenai karcis tanda masuk lagi sebesar Rp.2000/orang. Jika anda kesini dibawah pukul 7 pagi anda tidak perlu membayar, karena petugas jaganya belum datang hehehehe..

untuk ke pulau Anoman ada jembatan untuk menghubungkan ke pulau tersebut seperti jembatan ke pulau Ismoyo, tapi sayang sekali jembatan ini sudah hancur setengah, sehingga kita tidak bisa menyebrang ke pulau Anoman, untuk naik ke jembatannya saja kita belum tentu bisa, kecuali dengan memanjatnya. entah karena apa jembatan ini rusak.. Jika air sedang pasang, akan terlihat pulau yang dengan puranya yang indah mengambang di atas air. Itu pula yang membuat pantai ini kemudian diberi nama Balekambang.

14 comments

  1. Indah sekali ulasannya bro juga disertai dengan foto2 menarik.. terutama foto petapa (hehehe),.. saya jadi tertarik untuk berkunjung disana.


    • makasih bro..silahkan berkunjung kesana,.. tempatnya keren kok gak akan menyesal setelah berkunjung kesana..


  2. Dear ninu

    asyik jg ya punya genk kanya kamu bisa kmana2….klu leh tau emng udh kmana ajha genk-ny???

    salam yayank
    tq


    • yha asyik kmana-mana ama genk ane, soalnya nih genk sejak ane baru bisa jalan,

      jalan”nya udah kemana-mana, tapi jarang lengkap seperti disini..


  3. Wowo…. keren banget foto2nya. Itu lo sendiri yg ngambil foto gan? apa ada temen? nice pic…


    • ane sendiri yg motret, pake kamera kodak digital pocket..gantian juga ma temen ane..


  4. sumpahh .. keren banget , mau bgd deh kesana ,
    kasih tau dunk alamatnya😀
    tuk menuju pulau balekembangnya itu


    • di Kecamatan Bantur ± 65 km, sebelah selatan kota Malang provinsi JAWA TIMUR,

      nb : bukan pulau Sist, tapi pantai🙂


  5. mangstap bang.

    kunjungan balik ya ke

    nyicililmu.blogspot.com


  6. widih mantap…
    :))


  7. keren perjalanan nya gan,,
    tu yg jd header blog nya di bromo yha? koq ga di ceritain perjalanannya sie


    • iya headernya photo waktu di bromo gan, gak diceritain gan udah terlalu sering kesana jadi bingung mau diceritain yg mana..hehehehe



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: