h1

October 31, 2010

Jalur Tretes.
(19-20 Desember 2009)

Sebenarnya, pendakian kali ini hanyalah sekedar pelarian karena tidak bisa berkunjung ke Raung, yang rencananya kami akan berangkat pada (24-27
Des’09), tetapi harus di delay karena suatu halangan. Kami berangkat bertiga, angota tim adalah Saya, Andy, dan Givan. Kami naik motor ke Tretes. Berangkat dari Surabaya Pukul 3.30 dan sampai di Pos Perijinan Tretes Jam 05.00

Tretes

Pos Perijinan Tretes berupa sebuah Gardu. Treletak di jalan Raya Tretes (Kalo sudah di Tretes, tinggal tanya orang saja), Dengan arsitektur gaya penjajahan belanda. Kadang di Pos  ada orang, kadang juga tidak. Tapi Tak usaha khawatir, sebab, apabila Pos sedang tutup saat and tiba. Anda bisa mengkontak rumah yang ada di sebelah kiri Pos. Sebab, salah seorang
pengurusnya rumahnya disitu. Biaya Perijinan Rp.5000

Setelah mengurus peijinan, kami langsung tancap naik. Trek yang kami lalui sama seperti saat saya naik ke arjuna beberapa waktu lalu, terus menanjak tanpa ampun dan berbatu.  Pukul 5 pagi kami memulai perjalanan. Perut keroncongan, minta diisi. Kami berharap Warung Emak di Ped Bocor buka.

Ped Bocor

Disebut Ped Bocor, sebab disebelah warung emak ada salah satu Pipa PDAM yang bocor dan biasa dimanfaatkan oleh para pendaki untuk mengambil air. Kami makan dan istirahat di warung Emak, Nasi bungkus yang dingin-pun terasa nikmat jikalau sedang lapar. Jedah waktu 30 menit, kami berjalan kembali, tujuan selanjutnya adalah pos Kokopan . Kami berjalan mengikuti trek makadam yang semrawut dan terus menanjak, ada pohon besar dan menutupi trek memaksa kami untuk sedikit memotong. Sepanjang perjalanan naik ke kokopan akan banyak dijumpai jalan -jalan tembusan diantara trek, yang sebenarnya adalah jalur pendakian lama.

Kokopan
Kurang Lebih 2,5 jam perjalanan, kami tiba ti Pos Kokopan. Berupa Tanah Lapang yang lumayan luas dengan mata air di sisi Kirinya, dan ada Pondokan bekas warung di sisi kanannya. Saat itu pukul 08.00 dari kokopan, pemandangan begitu luas, disisi timur, bisa kita lihat tegaknya Gunung Penanggungan dan view hutan serta perladangan penduduk. Kami berhenti sejenak, melepas lelah. Disini juga ada yang ngecamp, kira-kira 5 rombongan. kami berbincang dengan mereka, dan rata-rata kebanyakan dari mereka tidak  meneruskan perjalanan ke puncak. cuma nge-camp menghabiskan liburan disana. Kebetulan sekali, ada dua orang yang mau lanjut naik ke Pondokan(Pos Berikutnya). Maka kami turut juga, lumayan ada tambahan rombongan. Rencana mereka akan ke Puncak welirang sore ini, lalu langsung turun. Ok, kami seperjalanan, tak apalah ke puncak sore, yang penting ada barengnya. Kami pun melanjutkan perjalanan ke Pos berikutnya Pondokan.

Jalur yang ditempuh makain menanjak saja, tetap dengan jalan makkadam yang melelahkan. Perjalanan kali ini memasuki hutan cemara, atau yang biasa disebut dengan Alas Lali Jiwo. Suasana begitu sejuk disini, jalan makadam juga sudah mulai rata. tapi, tiba -tiba semua itu berubah saat hujan turun bersama kabut saat kami sedang enak-enak memasak makan siang.

Pondokan

Setelah perjalanan kurang lebih 4 jam, Pukul 13.30 kami akhirnya tiba di Pondokan. Jejak-jejak jalan makkadam baru terasa disini, kelihatannya baru saja dibuat. Yang dulunya saat saya kesini, jalan makadamnya ahanya sampai batas Timbangan belerang saja, kini sudah sampai di Pondokan. Hujan makin lebat di Pondokan. Kami bertemu kembali dengan dua rekan kami tadi, berteduh di salah satu pondok belerang yang kosong. Dan Briefing untuk perjalanan ke Puncak Welirang.

Saat itu, disana ada rombongan lain dari Surabaya selain rombongan kami, kira-kira 5 orang. Mereka baru saja turun dari puncak, dan satu rombongan lagi baru saja berselang 1 jam berangkat menuju puncak. Hujan-pun berhenti, Kami memutuskan berangkat siang itu, tak peduli cuaca mendung, siapa tahu diatas malah terang. Karena medannya terus menanjak hingga puncak, dari pada berat bawa carrier, kami memutuskan menitipkan beberapa carier kami kepada para penambang yang ada di Pondokan. Bermodal kepercayaan sajalah.

(Sekedar catatan, para penambang belerang disini kadang bersikap kurang welcome pada para pendaki yang datang di pondokan. Sebab, kita para pendaki dirasa mengganggu kediaman mereka, bahkan kadang juga mengotori. Ada juga cerita dari teman-teman, bahkan beberapa penambang juga sering mengisengi para pendaki saat berada di Pondokan hingga terlibat pertengkaran dengan para pendaki)

Entahlah, yang penting kita tidak mulai duluan. hehehehe…….

Pukul 14.00 kita berangkat ke Puncak berlima. Trek ke puncak cukup jelas, kita tinggal mengikuti saja jalanan para penambang belerang (ada bekas roda gerobak). Toh, nanti juga sampai puncak. Jalan terus menanjak, kami makin kelelahan. Mengingat, sepanjang hari ini, dari tadi pagi. Kami terus berjalan. Pukul 16.00 kami tiba di alun-alun, bertemu dengan rombongan yang tadi sebelumnya mendahului kami. Ternyata salah seorang dari mereka sedang sakit perut dan mereka beristirahat. Ok, kami lanjutkan perjalanan dan berjanji menunggu di Puncak. Kami berjalan dalam lorong-lorong yang dibuat oleh tanaman perdu disekitar trek, hingga jalan tiba di punggungan bukit. Pemandangan saat sampau disini begitu indah, kami serasa berada di atas awan, melihata dari jauh gumpalan- gumpalan awan sore dan pemandangan kota dibawahnya. Sungguh indah. Pukul 16.30 kami sampai di puncak Welirang, pemandangan sungguh indah. Jalanan setapak ini apabila diteruskan akan menuju ke sumber belerang . Tapi kami segera potong jalur dan menuju ke Puncak teringginya. Foto-foto, melihat sekitar, suatu pengalaman yang mengasyikan, dan tak akan pernah terlupakan. Kami-pun makin akrab dengan dua orang teman baru kami dari
jakarta, Mas Edo, dan Mas Gufron. Haaaahahahaa.

Pukul 17.30 rombongan yang tadi kami temui di alun-alun baru saja tiba di Puncak. Bahkan beberapa dari mereka masih sedang dalam perjalanan. Karena angin yang makin dingin. Kami memutuskan turun duluan, Hari sudah Gelap saat itu, dan makin gelap dalam kelabu dan lelah. Kami terus berjalan.Didekat sumber air di Pindokan ada satu rombongan lagi  yang nge-camp, mereka adalah rombongan yang tadi kami jumpai saat di Kokopan. Pukul 18.30 kami tiba kembali di Pondokan. Mengambil Carrier yang kami titipkan sembari memberi uang rokok pada para penambang yang rela menjaga carier kami. Lalu kami mengambil air, masak, mendirikan tenda, dan langsung tidur karena kelelahan.

Mas Edo dan Mas Gufron yang semula berniat langsung turun ke Kokopan akhirnya memilih nge-camp di Pondokan karena lelah. Tapi ini semua belum berakhir, Saya, Andy dan gipan besok berniat ke Arjuno untuk meraih puncaknya kembali.

Perjalanan Ke Puncak Arjuno.

Pukul 04.00 Saya membangunkan Andy, persiapan untuk ke Arjuno. Kami memasak sarapan dan berangkat pukul 5. Kami lihat, mas Gufron dan Mas Edo masih terlelap. Gipan memilih tidak ikut, karena masih lelah. Akhirnya Saya dan Andy berangkat berdua saja. Jalanan saat itu masih basah oleh embun. Udara begitu segar. Dan kami-pun sangat bersemangat. Pukul 05.30 kami tiba di Lembah Kidang, Yaitu sebuah padang rumput yang sangat indah, disini ada sumber airnya. Jaraknya dari Pondokan sekitar 30 menitan. Kami istirahat sejenak dan mengisi air. Dalam perjalanan kali ini, saya tidak seperti biasanya, agak lambat. Yaaah, karena perut belum diisi sejak siang kearin. Diperengan kami memutuskan istirahat dan memasak sarapan. Saya tampak kelelahan sekali dan tertidur. Maka, Andy menananyakan sekali lagi pada saya…..apakah yakin melanjutkan perjalanan ke Puncak??   Sebab, jarak dari puncaknya masih lumayan. Sekitar 1 jam setengah dari tempat kami kira-kira. Dan saya bilang tidak mampu lagi, akhirnya kita kembali.

Pukul 11.30, kami tiba kembali di Pondokan. Gipan segera memasakkan kami makan siang. Sementara saya langsung istirahat. Pukul 13.00 Kami makan, laLu Packing. Dan Pukul 14.00 bergegas turun sembari berpamitan kepada para penambang yang baru saja turun dari puncak.

Turun

Meskipun cuma bertiga, tapi perjalanan kami begitu mengasyikkan. Ada banyak hikmah yang kami petik dari perjalanan kali ini. Sehingga, kami siap hadapi hari esok dengan  senyuman.

Setelah 4 jam perjalanan turun, kami tiba kembali ke Pos Perijinan Tretes. Istirahat sebentar. Lalu, pukul 19.00 Kami meluncur balik ke Surabaya.