h1

December 31, 2010

Pendakian Pegunungan Argopuro
01 April – 03 April 2010
Jalur Cemoro Sewu (Jawa Timur)

Kami ber-4 orang, Saya, Andi, Faliz dan Nessa berangkat dari Surabaya kamis malam tepat pukul 23:00. dan akhirnya tepat didepan gerbang Cemoro Sewu tepat pukul 09:00 pagi. Kami semua belum pernah mendaki kesini, tidak ada yang tahu jalur ataupun medan, pacuan kita adalah blog-blog yang sudah kita baca dan sedikit kenekatan kita. Setelah packing ulang sarapan dan mendaftarkan, kami mulai pendakian pukul 11:00.

Gerbang Jawa Timur – Desa

Cemoro Sewu (1.800 m dpl)

Desa Cemoro Sewu (1.800 m dpl) kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan merupakan gerbang pendakian dari jalur Jawa Timur. Jalur yang dimulai dari Cemoro Sewu (1.800 m.dpl) ini adalah yang paling sering digunakan untuk pendakian, panjangnya 6.5 km, berupa jalan setapak berbatu yang sudah tertata rapi. Setelah 45 menit berjalan kita sampai pos bayangan I, disini terdapat mata air untuk bisa ulang air minum kita. Disini kita bertemu rombongan dari sidoarjo sebanyak 6 orang yang akan melakukan pendakian juga, setelah becakap-cakap sebentar kita teruskan menuju pos I.

Pos I (2.100 mdpl)

Sesampai Pos I ini kita beristirahat sebentar melepas lelah, di Pos I ini terdapat beberapa toko/warung yg biasanya menjual beberapa makanan ringan atau minuman, tapi pada saat kami kesana kondisi toko/warung ini tutup, mungkin kita mendaki pada saat sepi pendaki. setelah beberapa menit berlalu kita lanjutan kembali perjalanan kita menuju Pos II.
setelah beberapa menit berjalan kita bertemu rombongan dari suatu perusahaan yang turun dari atas sekitar 50 orang yang tercecer di sepanjang perjalanan, disini yang membuat kita terkuras banyak tenaga hanya untuk menyapa, menjabat tangan dan menanyakan “dari mana pak??”. setelah 1 jam berjalan kita berhenti dijalan untuk beristirahat minum kopi, karena menunggu kawan kami Nessa yang ketinggalan jauh dibelakang. Nessa yang membawa carrier paling berat dan sudah lama tidak melakukan aktifitas hiking itu yang membuat dia berjalan lambat.

Pos II (2.300 mdpl)

Setelah istirahat sejenak minum kopi, kita lanjutan perjalanan menuju pos II. Setengah jam kemudian kita sampai di Pos II lalu kita putuskan untuk istirahat makan siang disini. Hanya dengan 2 bungkus mie kita bagi berempat, tidak berapa lama kemudian rombongan dari Sidoarjo menyusul dan meninggalkan kami duluan lalu ada seorang bapak tua berumur sekitar 60 tahunan mendaki seorang diri, dan dilihat bekal yg dibawahnya sangat minim. Dalam hati saya hanya berkata “Wow”, beliau berjalan pelan tapi pasti.

Pos III (2.500 m.dpl)

45 menit kita berjalan sampailah kita di Pos III, disini sudah berkumpul rombongan dari Sidoarjo, rombongan kami dan Bapak tua tersebut. Akhirnya kita semua memutuskan untuk makan besar disini, coba hasil masakan 1 sama yang lain pun terjadi. setelah makan besar dan sedikit perbincangan diantara kami akhirnya kita melanjutkan perjalan menuju Pos IV. Beberapa meter dari Pos III jalan mulai dengan jalan berbentuk anak tangga sampai menuju Pos IV, jalan semakin mudah tetapi semakin capek. sebelum sampai pos IV kita bisa melihat pemandangan kota Magetan dan danau Sarangan dari sini dipadu dengan awan yang begitu indah.

Pos IV (2.800 m.dpl)

Pos IV tak terasa sudah kita lewati, mungkin pos IV sudah hancur hingga kita tidak melihatnya. Dari pos IV kita sudah melewati punggungan dan bisa melihat pemandangan kota disebelah kiri kita. Kita juga berpas-pasan dengan rombongan yg turun, dan dibeitahunya kita kalo Argo Dalem sudah dekat, dan mereka berkata “ayo mas sudah dekat, ote-otenya masih hangat” dengan semangat 45 kami mempercepat langkah kami menuju tujuan apa yang dikatakan orang tersebut.

Sendang derajat

Berharap sampai di tujuan yang dikatakan pendaki tadi kepada kami, hanya 20 menit kita berjalan sampailah kami di Sendang derajat. Sebuah sumber air yang dianggap keramat oleh para peziarah. Di daerah sini biasanya juga digunakan untuk bertapa oleh orang-orang yang percaya bahwa akan mendapat “wangsit”. Disini terdapat gua selebar 2 meter yang dapat kita pakai untuk bermalam. Didepan gua terdapat lubang sekitar satu meter yang kadangkala dapat ditemukan air. Jika tidak mau menginap di Sendang Drajat, kita dapat meneruskan perjalanan menuju Argo Dalem, dengan melewati punggungan bukit sekitar 30 menit, kita akan menemukan pertigaan yang kekiri langsung menuju puncak Argo Dumilah ( 3.265 m dpl).

Disini ada gubuk yang ditinggal’i oleh sepasang pasutri yang menjaga sendang derajat tesebut. dengan permisi kita masuk ke gubuk berharap ada orang tersebut berjualan gorengan yang dikatakan pendaki tadi. ternyata eh ternyata Ibu yang tinggal digubuk itu cuman berjualan kopi, teh dan mie goreng. mungkin yang dimaksud pendaki tadi adalah di Argo Dalem yang ditempuh kira-kira 1 jam lagi.
Akhirnya kita membuka tenda disini dan melakukan summit attack besok paginya

Argo Dumilah ( 3.265 m dpl)

Tepat pukul 05:00 pagi kami summit attack, setelah berjalan 15 menit mengikuti jalan setapak, kita ternyata menuju ke Argo Dalem setelah lihat kanan kiri kok puncaknya dibelakang kita, akhirnya kita kembali dan mencari jalan menuju kesana. Akhirnya kita menemukan jalan setapak yang menujuk puncak, Pas Pukul 05:45 kita tiba dipuncak Gunung Lawu 3.265 m dpl (
Argo Dumilah). Dari sini kita bisa melihat gunung Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Setelah minum kopi dan banyak foto-foto akhirnya kita kembali ke tenda di Sendang derajat.

Turun

Setelah packing dan sarapan pagi pukul 08:00 kita bergegas turun dan pulang. perjalanan turun begitu cepat, tepat pukul 11:00 kita suda sampai di Cemoro Sewu. dan kita pulang sampai di Surabaya tepat pukul 20:00 malam

Dan, tak akan pernah terlupakan……..Kesempatan bisa menapaki Keindahan Lawu berikut penggalan kisahnya yang ditorehkan dalam dua hari pendakian kami adalah suatu anugerah bagi kami.